TUGAS APSI BAPAK NUR AMINUDIN



1. SebutkanDefinisi  
    a. PengertianSistem  
    b. PengertianInformasi  
    c. PengertianSistemInformasi  
Dari KetigaDiatasBuatlahDefinisiMenurut 3 ahlimasing-masing?

2. Sebutkan Data apasaja yang digunakandansebutkaninformasiapasaja yang dihasilkandalam:  
    a. PSI akademikpadasebuahPenguruantinggi   
    b. PSI pelayananpasienpadasebuah RS   
    c. PSI Penjualanpada online

3. Sebutkankomponen" apasaja yang dibutuhkandalam: 
    a. PSI akademikpadasebuahPenguruantinggi   
    b. PSI pelayananpasienpadasebuah RS  
c. PSI Penjualanpada online   

4.    Jelaskandefinisidarianalisasistem ?
5.    Sebutkanlangkah-langkahdankomponen-komponendalamtahapananalisasistemsampaidenganmembuatlaporanhasilanalisis ?
6.    Apa yang dimaksuddengandesainsistemdansebutkantujuandidalamdesainsistemtersebut ?
7.    Jelaskanfaktor-faktororganisasi yang harusdiperhatikandalammelakukandesainsistem ?
                              
Jawab
1          a. pengertian system
       Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasimateri atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
.
            b. . Pengertian Informasi  
                        data yang diolah menjadi bentuk yang berguna untuk membuat keputusan. Informasi berguna untuk pembuat keputusan karena informasi menurunkan ketidakpastian (atau meningkatkan pengetahuan) Informasi menjadi penting, karena berdasarkan informasi itu para pengelola dapat mengetahui kondisi obyektif perusahaannya
            .
c. PengertianSistemInformasi  
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasiyang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
                       
.
Dari Ketiga Diatas Buatlah Definisi Menurut 3 ahli masing-masing?
    
                                                                        SYSTEM
1.      Pengertian sistem menurut Inu Kencana Syafi'ie
 bahwa sistem adalah kesatuan yang utuh dari sesuatu rangkaian yang terikat satu dengan yang lainnya. Bagian kecil atau anak cabang dari suatu sistem, menjadi induk sistem dari rangkaian selanjutnya. Keadaan tersebut yang akan terus terjadi hingga tiba pada saat adanya bagian yang mengganggu kestabilan itu sendiri.
2.      Pengertian Sistem Menurut Harijono Djojodihardjo:
    Sistem merupakan gabungan obyek yang memiliki hubungan secara fungsi dan hubungan antara setiap ciri obyek, secara keseluruhan menjadi suatu kesatuan yang berfungsi.
3.      Pengertian Sistem Menurut Lani Sidharta:
Sistem merupakan sekumpulan unsur – unsur yang saling berkaitan yang secara bersama beroperasi untuk meraih tujuan yang sama.

                                                      INFORMASI
1.      Menurut Abdul Kadir dan Mc Fadden
, informasi merupakan data yang telah diproses. Pemrosesan data tersebut dilakukan sedemikian rupa sehingga data yang telah diproses tersebut dapat meningkatkan pengetahuan orang yang menerima dan menggunakannya.
2.      . Anton M. Moeliono
      Anton M. Moeliono juga mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses, namun pemrosesan tersebut dilakukan untuk suatu tujuan tertentu. Selanjutnya  Anton M. Moeliono juga menyatakan bahwa informasi merupakan keterangan, kabar berita, pemberitahuan, penerangan, atau bahan nyata lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan kajian analisis untuk mengambil kesimpulan atau keputusan tertentu
3.      Azhar Susanto
Dalam buku Sistem Informasi Akuntansi, Azhar Susanto mendefinisikan informasi sebagai hasil pengolahan data. Data yang dihasilkan tersebut memberikan arti & manfaat tertentu bagi otang yang menerimanya.

                                    SYSTEM INFOPRMASI
    1.Edhy Sutanta, 2009: 4
Sistem secara umum dapat didefinisikan sebagai kumpulan hal atau elemen yang saling bekerja sama atau yang dihubungkan dengan cara-cara tertentu sehingga membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu fungsi guna mencapai suatu tujuan. Sistem mempunyai karakteristik atau sifat – sifat tertentu, yaitu : Komponen Sistem, Batasan Sistem, Lingkungan Luar Sistem, Penghubung Sistem, Masukan Sistem, Keluaran Sistem, Pengolahan Sistem dan Sasaran Sistem.
2.Menurut Gordon B. Davis (1991:8)
Sistem informasi merupakan suatu sistem yang menerima input atau masukan data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.
3.Menurut Hanif Al-Fatta (2009:9)
Sistem informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian.Istilah tersebut menyir atkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya.

2..  a. PSI Akademik pada sebuah Perguruan Tinggi :

    - Data Mahasiswa, Data Dosen, Data Staff kantor, 
    - Informasi Mahasiwa, Informasi Dosen.

     b.  PSI Pelayanan pada sebuah Rumah Sakit

    -  Data pasien, tanggal masuk, tanggal keluar, data petugas, data dokter, data apotek,     sistem    
pembayaran .
    - Informasi Pasien, Informasi No kamar, Informasi Data Penyakit,


   c. PSI penjualan secara Online : 

   -   data member, data produk, data pembelian, data pengiriman, data return.
   - Informasi : Produk Favorit, Penjualan terbanyak, 



3. Uraikan secara lengkap komponen-komponen apa saja yang dibutuhkan dalam

    a. PSI Akademik pada sebuah Perguruan Tinggi
    b. PSI Pelayanan pada sebuah Rumah Sakit
    c. PSI penjualan secara Online


jawab :
a. PSI Akademik pada Sebuah Perguruan Tinggi :

    informasi akademik pada perguruan tinggi : Perangkat keras (hardware) Mencakup peranti-peranti fisik seperti komputer dan printer. Perangkat lunak (software) Sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data. Prosedur Sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang dikehendaki. Orang Semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan keluaran sistem informasi. Basis data (database) Sekumpulan tabel, hubungan dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data. Jaringan komputer dan komunikasi data Sistem penghubung yang memungkinkan sumber (resources) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai.  


 b. PSI Pelayanan pada sebuah Rumah Sakit

     Uraian lengkap komponen yang dibutuhkan dalam perancangan sistem informasi pelayanan pasien pada rumah sakit : Untuk membentuk suatu sistem ada beberapa komponen yang harus dimiliki, antara lain: 1. Perangkat keras/ hardware adalah komponen fisik berupa peralatan input, proses dan output. 2. Perangkat lunak/ software adalah instruksi-instruksi yang membuat komputer sebagai perangkat keras melakukan pekerjaan tertentu. 3. SDM/ brainware adalah user atau pengoperasi sistem. 4. Data adalah fakta-fakta, perkiraan-perkiraan, pendapat-pendapat yang belum memiliki arti kegunaan. 5. Prosedur adalah instruksi-instruksi yang digunakan dalam mengoperasikan sistem.


c. PSI penjualan secara Online

1. Hardware Merupakan bagian perangkat keras sistem informasi seperti computer, printer, dan jaringan computer.

2. Software Merupakan bagian perangkat lunak sistem informasi.software dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok yaitu : a. Sistem Operasi, seperti Program Microsoft Windows, Linux, Novel Netware, dan lain sebagainya. b. Aplikasi, seperti Microsoft Office, Corel Draw, Photoshop, dan lain sebagainya. c. Utilitas, seperti anti virus, Norton Utilities, disk defragment, dan lain sebagainya. d. Bahasa Pemrograman, seperti Bahasa C++, Borland Delphi, Java, dan lain sebagainya. 

3. Data Merupakan komponen dasar dari informasi yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi. Contohnya seperti, bukti-bukti transaksi, nota, kwitansi, dan lain sebagainnya.

4. Prosedur Merupakan bagian yang merupakan dokumentasi prosedur atau proses-proses yang terjadi dalam sistem. Seperti buku panduan operational. 

5. Manusia Manusia adalah bagian paling utama dalam suatu sistem informasi.


4.Jelaskan definisi dari analisa sistem ?

            berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

5 .Sebutkan langkah-langkah dan komponen-komponen dalam tahap analis system sampai dengan membuat laporan analis
            1. Mengidentifikasi Masalah (Identify)
Ada tiga langkah yang harus dilakukan didalam tahapan ini yaitu :
1.  Mengidentifikasi Penyebab Masalah
2.  Mengidentifikasi Titik Keputusan
3.  Mengidentifikasi Personil-Personil Kunci
2. Memahami Kerja dari Sistem yang Ada (Understand)
Dapat dilakukan dengan mempelajari secara terinci bagaimana sistemyang ada beroperasi. Untuk mempelajari operasi dari sistem ini diperlukan data yang dapat diperoleh dengan cara melakukan penelitian :
1. Menentukan jenis penelitian
2. Merencanakan jadwal penelitian
3. Membuat penugasan penelitian
4. Membuat agenda wawancara
5. Mengumpulkan hasil penelitian
3. Menganalisis Hasil Penelitian (Analyze)
Langkah ini dilakukan berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Kita dapat menganalisis :
1.Kelemahan dari sistem lama tersebut
2. Kebutuhan informasi bagi pemakai sistem dan pihak manajemen
4. Membuat Laporan Hasil Analisis (Report)
Isinya adalah :
1. Alasan melakukan analisis sistem
2. Menguraikan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada sistem lama
3. Mengidentifikasi penyebab masalah
4. Mengidentifikasi titik keputusan
5. Menguraikan penelitian yang dilakukan
6. Menguraikan hasil analisis
7. Kesimpulan analisis

6. Apa yang dimaksud dengan desain system dan sebutkan tujuan didalam desain system tersebut
       Menurut John Burch dan Garry Grudnitski dalam buku Analisa dan Desain, Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur adalah : "Desain sistem dapat didefinisikan sebagai penggambaran dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi.”

Tahap desain sistem mempunyai dua maksud atau tujuan utama, yaitu:
1  Untuk memenuhi kebutuhan para pemakai sistem
2.Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada pemrogram komputer dan ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat. Tujuannya lebih condong pada desain sistem yang terinci, yaitu pembuatan rancang bangun yang jelas dan lengkap untuk nantinya digunakan untuk pembuatan program komputernya.



7.Jelaskan faktor-faktor organisasi yang harus diperhatikan dalam melakukan desain sistem ?
.1.  Query.
Secara query, pemakai sistem dapat mengakses data yang diperlukan untuk mendapatkan informasi walaupun tidak tersedia program aplikasinya.

2. Desain layar.
Suatu desain layar yang baik harus jelas. tidak melompat-lompat dan tidak berisi dengan informasi yang tidak relevan.

3. Umpan balik.
Dalam sistem online, aspek yang penting dalam umpan balik (feed back) adalah waktu respon (response time), yaitu waktu antara saat user memasuki data dengan respon yang diberikan oleh sistem. Masalah umum yang sering terjadi adalah response Time yang lama. Sehingga User mejadi jemu dan kehilangan konsentrasinya. jika waktu respon melebihi 10 detik, suatu berita seharusnya sedang bekerja sebagai misalnya suatu sistem sedang melakukan perhitungan yang cukup lama, katakanlah -50 detik, maka sebaiknya ditampilkan berita “Tunggu sebentar, sedang memproses sekitar 50 detik , sehingga user mengetahui bahwa sistem sedang berkerja dan tidak mengira bahwa sistem macet (hang)

4. Bantuan.
Pada waktu user sedang mengoperasikan sistem, seringkali mengalami kesulitan atau tidak mengetahui apa yang harus dikerjakan berikutnya. Desain sistem yang baik harus menyediakan cara bagaimana user dapal meminta bantuan kepada sistem untuk menjelaskan apa yang ingin diketahui oleh user.
Contex Sensitif help merupakan bantuan yang sering banyak digunakan sekarang, yaitu sistem akan menampilkan bantuan bila diinginkan oleh user pada posisi-posisi tertentu di layar.
.











Komentar

Postingan populer dari blog ini

OJK (OTORITAS JASA KEUANGAN) DI STMIK PRINGSEWU

UPACARA HARI PAHLAWAN STMIK PRINGSEWU

YUDISIUM PERIODE 1 TAHUN 2017